Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat/Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Anda

gambar buah alpukat

Hallo kawan, udah lama ga posting nih di blog kesayangan ane ini :) kira-kira udah berjamur belum yaa :D haha visss :p

Setelah sekian lama menghabiskan waktu di dunia nyata yang sangat melelahkan dan penuh cobaan dan menguras kesabaran ini, sayapun mencoba untuk berhenti sejenak untuk melihat kabar blog ku yang sudah lama gak terurus ini :D haha ternyata benar blog ku sudah kurang rame lagi pengunjungnya :( kasihan...

Tapi biar blog ku ini gk sepi lagi, aku coba deh dengan memposting artikel yang mudah2an bermanfaat untuk  para pembaca semua dalam jangka waktu yang sangat lama amiin. :)

Iya, artikel yang akan saya bahas kali ini adalah tentang manfaat atau khasiat buah alpukat atau bahasa kerennya adalah avocado untuk kesehatan tubuh anda yang saya ambil dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi semuanya :) amiinn

Banyak sekali manfaat dari kandungan buah alpukat mulai dari daun alpukat, biji buah alpukat ataupun buahnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia, namun kali ini saya akan menjelaskan husus manfaat buah alpukat nya saja ya :).

Manfaat alpukat selain bisa kita konsumsi dengan dibuat jus yaitu jus alpukat yang bisa dicampur dengan telur dan madu, atau juga bisa dibuat resep masakan yaitu resep alpukat, ada beberapa khasiat alpukat yang sangat banyak sekali bagi kesehatan tubuh manusia yang mungkin saja kita tidak mengetahuinya. Apa saja manfaat-manfaat buah alpukat itu? Oke langsung saja berikut adalah beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh kita:

1. Mengatasi kulit wajah yang kering

Kita bisa membuat masker dengan melumatkan daging buah alpukat seperti bubur. Kemudian kita oleskan pada muka yang kering, biarkan kurang lebih 2 jam, lalu bilas dengan air dingin.

2. Menyehatkan kulit dan rambut

Minyak alpukat seringkali digunakan dalam kosmetik untuk melembabkan kulit dan membuatnya bercahaya. Selain itu, alpukat juga mengandung bahan yang bisa membuat rambut sehat dan indah. Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat akan melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari.

3. Kencing manis

Biji alpukat dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil menggunakan golok, kemudian direbus menggunakan air bersih sampai airnya berwarna coklat, kemudian saring dan minum airnya setelah dingin.

4. Rambut berkilau

Haluskan satu buah alpukat yang matang, lalu campurkan dengan yoghurt, sebutir telur, setengah sendok teh minyak rosemary dan satu sendok teh minyak jojoba. Kemudian jadikan masker untuk rambut anda. Biarkan kurang lebih 20-30 menit, kemudian bilas dengan shampo.

5. Mengobati bengkak karena peradangan

Keringkan biji buah alpukat, kemudian ditumbuk hingga halus. Ambil bubuk dari buah alpukat secukupnya. Tambah sedikit air hingga menjadi adonan seperti bubur. Lalu balurkan adonan itu ke bagian tubuh yang sakit.

6. Sakit gigi berlubang

Biji alpukat ditumbuk hingga halus. Gunakan sedikit bubuk biji alpukat tersebut dan masukkan ke dalam gigi yang berlubang. Atau juga bisa menggunakan kapas dan dicocokan ke dalam gigi yang berlubang.

7. Meningkatkan berat badan

Mengonsumsi alpukat adalah cara yang sehat untuk meningkatkan berat badan. Alpukat mengandung kalori yang cukup dan banyak nutrisi untuk membantu menaikkan berat badan. Jika Anda terlalu kurus dan butuh meningkatkan berat badan, alpukat bisa jadi salah satu sahabat Anda.

8. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi buah alpukat diketahui bisa menurunkan kolesterol LDL (atau kolesterol jahat). Tak hanya itu, buah alpukat juga membantu menaikkan jumlah kolesterol HDL (kolesterol yang baik).

9. Mencegah peradangan

Penelitian juga menunjukkan bahwa selain nikmat, alpukat juga memiliki nutrisi yang bisa membantu mencegah peradangan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah risiko penyakit yang berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh.

10. Tekanan darah

Buah alpukat diketahui bisa membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena adanya zat potasium yang terdapat dalam alpukat.

11. Mengontrol gula darah

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat) yang membantu mengatasi resistensi insulin. Dengan begitu, kandungan ini juga membantu tubuh untuk mengontrol tingkat gula dalam darah.

12. Melindungi dari kanker

Penelitian yang dilakukan pada hewan dengan memberi mereka makan ekstrak alpukat menunjukkan bahwa alpukat juga bisa membantu mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker mulut. Meski begitu, penelitian lanjutan pada manusia masih belum dilakukan dan masih terbatas.

13. Mengobati sariawan

Ambil biji alpukat yang sudah matang, keruk daging buahnya kemudian diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk rata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh. Ini merupakan salah satu cara yang enak untuk mengobati sariawan :)

Nah sudah tau kan beberapa manfaat dari buah alpukat? Ternyata cukup banyak juga ya? :) Tapi sebenarnya masih ada lagi lho beberapa manfaat yang belum kita ketahui. Tapi saya kira ini sudah cukup untuk menambah ilmu tentang kandungan dan khasiat pada buah alpukat untuk kesehatan tubuh kita :)

Okedeh, sekian dulu artikel mengenai manfaat buah alpukat, semoga bermanfaat dan kita selalu diberikan kesehatan lahir maupun bathin ya. Amiinn :)