Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Pengertian COD?

Apa Pengertian COD?, cod adalah, apa itu cod?

Apa itu COD?

Sobat, pernah nemuin yang namanya metode pembayaran via COD ketika kita membeli sesuatu di situs toko online? Apa sobat sudah tahu apa pengertian dari COD itu? :) Mungkin jika sobat membaca artikel ini berarti sobat masih belum faham atau mengerti apa itu istilah COD. Nah untuk yang belum faham apa pengertian dari cod sobat bisa simak artikel saya kali ini.

Pengertian COD

COD atau singkatan dari Cash On Delivery adalah sebuah istilah transaksi yang digunakan oleh penjual atau pembeli online yang dilakukan secara langsung. Atau dengan kata lain si pembeli membayar barang tersebut ketika barang yang dipesan sudah sampai ke pembeli tersebut. Dan biasanya penjual mewakilkan kurir untuk mengirimkan barang tersebut kepada si pembeli sampai ke rumah. Kemudian transaksi baru dilakukan setelah barang sampai. Dengan kata lain si pembeli akan melakukan pembayaran kepada kurir yang nantinya uang tersebut akan diberikan ke penjual.

Istilah COD ini biasanya sering kita temukan di situs-situs jual beli oline, forum-forum jual beli, situs e-commerce dan lain sebagainya. 

Biasanya metode pembayaran seperti ini tersedia jika jarak antara penjual dan pembeli tidak begitu jauh atau minimal berada pada provinsi yang sama. Sedangkan untuk jarak yang sangat jauh, si pembeli harus terlebih dahulu melakukan pembayaran yaitu dengan cara transfer.

Nah, lalu apa sih keuntungan dari metode transaksi via COD ini dibandingkan dengan metode pembayaran biasa? sudah pasti dengan metode COD ini kita bisa meminimalisir adanya penipuan karena kita membayar ketika barang sudah sampai. Dan tentunya metode seperti ini sangat digemari terutama untuk para pembeli online atau membeli barang secara online :)

Namun saat ini COD masih terhalang oleh jarak, karena mungkin si penjual pun masih memikir-mikir dan belum yakin akan menggunakan metode COD ini. Tapi mudah-mudahan kedepannya metode COD ini bisa diterapkan lebih aman lagi agar dalam melakukan transaksi jual beli online semakin aman dan nyaman tentunya :) amiin

Untuk para pembeli sudah sangat disarankan untuk memilih metode cod agar dalam melakukan transaksi tidak ada kerugian terutama penipuan online. Dan untuk penjual / pemilik toko online pun sudah seharusnya beralih menggunakan metode COD, karena dengan metode ini toko online akan menjadi semakin terpercaya dan laris tentunya :)

Itulah pengertian dari COD(Cash On Delivery). Terimakasih sudah membaca artikel mengenai  apa itu COD atau pengertian COD.