Review dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Xiaomi Mi 8, Ponsel Yang Layak Dibeli

Review dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Xiaomi Mi 8, Ponsel Yang Layak Dibeli
Photo via: www.xataka.com
Vendor Xiaomi asal China seakan tak tanggung-tanggung dalam usahanya mencaplok pasar Android. Hal ini terbukti dari perilisan dua lini smartphone anyar sebagai pembuka bulan November 2018. Keduanya adalah Redmi Note 6 Pro serta Xiaomi Mi 8 Lite. Kali ini, yang akan dibahas ialah review Xiaomi Mi 8. Bisa dibilang, ponsel ini merupakan anggota keluarga Mi 8 dalam spec (spesifikasi) lebih tinggi dengan harga bersaing, sehingga sangat layak untuk dimiliki.

Review Xiaomi Mi 8 Dari Segi Desain

Review dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Xiaomi Mi 8, Ponsel Yang Layak Dibeli
Photo via: www.xataka.com
Xiaomi Mi 8 memiliki bentuk yang tidak jauh dari seri Xiaomi Mi lainnya. Perbedaan ada pada ukuran notch, di mana Mi 8 Lite tampak lebih pendek. Walau spek (spesifikasinya) lebih rendah, namun bukan berarti desainnya tampak murahan. Body-nya solid dengan lapisan mengilat bak kaca sehingga justru tampak premium. Namun, lapisan ini terbilang mudah kotor jika terkena sidik jari. Layarnya sendiri seluas 6.2 inchi, aspek rasionya 19:9 dan menggunakan teknologi IPS. Ukuran ini tentu menjadikannya nyaman dalam genggaman walau agak licin. Kita bisa mengakalinya dengan menggunakan casing yang disediakan dalam paket penjualan.

Review Xiaomi Mi 8 Dari Segi Performa

Review dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Xiaomi Mi 8, Ponsel Yang Layak Dibeli
Photo via: www.xataka.com
Review Xiaomi Mi 8 berikutnya adalah dari segi performa serta dapur pacu mesinnya. Smartphone ini telah menggunakan prosesor unggul Snapdragon 845 dan fabrikasi 7nm. RAM yang digunakan sebesar 6 GB dengan memori internal (ROM) 64/128 GB. CPU Octa-Core (4x2.8 GHz Kyro 385 Gold dan 4x1.8 GHz Kyro 385 Silver, dengan GPU Adreno 630. Tidak ada halangan berarti yang terjadi saat ponsel digunakan untuk multitasking.

Review Xiaomi Mi 8 Dari Segi Kamera

Review dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Xiaomi Mi 8, Ponsel Yang Layak Dibeli
Photo via: www.xataka.com
Berlanjut ke sektor kamera, Xiaomi Mi 8 memiliki resolusi Dual 20 MP (f/1.7, 4-axis OIS) untuk kamera belakang serta 16 MP (f/2.0) untuk kamera depannya. Hasil kamera belakangnya tampak sangat baik karena telah dilengkapi AI. Akan tetapi, efek bokeh yang ada pada kamera belakang seringkali meleset tak merata sehingga kita harus pintar-pintar dalam menentukan jarak antara ponsel dan objek yang difoto. Sementara efek bokeh di kamera depan terbilang rapi. Review Xiaomi Mi 8 dari segi kameranya ini terbilang memiliki hasil warna yang tidak pucat jika dibanding Mi A1 ataupun beberapa seri ponsel lain. Ponsel juga dilengkapi beautify yang akan membuat hasil selfie semakin manis. Namun, fokus yang diambil baik oleh kamera depan maupun belakang terbilang kurang maksimal saat cahaya redup. Untuk resolusi rekam video, Xiaomi Mi 8 memiliki resolusi yaitu 2160p@60fps wow sangat tinggi sekali sehingga menghasilkan kualitas video yang sangat mulus seperti kamera DSLR.
Review dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Xiaomi Mi 8, Ponsel Yang Layak Dibeli
Photo via: www.xataka.com

Harga Xiaomi Mi 8

Untuk harga, Mi 8 memang terbilang cukup mahal di kantong mahasiswa, namun untuk fitur dan spesifikasi yang melebihi smartphone papan atas, Xiaomi MI 8 ini sangat terbilang cukup murah.

Di pasaran China, Xiaomi mi 8 dibanderol sekitar Rp. 5.8 Juta-an di varian ROM 64GB. Dan untuk varian ROM 128GB akan dibanderol sekitar Rp 6.4 Juta, Sedangkan ROM 256GB seharga 7.1 Juta.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi MI 8 Terlengkap

Kelebihan Smartphone Xiaomi mi 8

  1. Memiliki konektivitas yang lengkap, support dual sim, Sudah 4G LTE, Wi-Fi Dual Band, Bluetooth v5.0, GPS, Infrared, NFC
  2. Layar sudah dilapisi Corning Gorilla Glass dengan body yang bermaterial sangat berkualitas tinggi
  3. Baterai 3300 mAh dengan didukung teknologi fast charging
  4. Fingerprint sensor di dalam layar dengan fitur keamanan tinggi
  5. Fotografi kualitas terbaik dengan Dual setup kamera utama 20MP + 16MP, dan kamera selfie 16MP
  6. Tampilan antarmuka yang userfriendly mudah digunakan dengan MIUI 9.5, dan tersedia dua pilihan memory internal yaitu 64 atau 128 GB dengan harga standar Xiaomi mi 8 murah di kelasnya
  7. Chipset powerfull yaitu Snapdragon 845, RAM 6GB, dengan OS (Operating System) terbaru saat ini yaitu OS Android v8.1 OREO
  8. Panel layar teknologi IPS 6.2 inch resolusi 1080 x 2280 pixel, rasio 19:9
  9. Sudah menggunakan teknologi port USB Type C, yaitu dapat berfungsi untuk charger plus headphone jack adapter
  10. Desain mewah dan berkelas yang bezelless dan thickness 7.8mm

Kekurangan HP Xiaomi Mi 8

  1. Belum memiliki sertifikat IP68 seperti kebanyakan flagship masakini
  2. Tidak tersedia lubang jack untuk headphone, sehingga agak ribet ketika ingin memasang headphone

Kesimpulan Review Xiaomi Mi 8

Dari ulasan review Xiaomi Mi 8 singkat di atas, bisa dibilang kelebihannya atau keunggulannya terletak pada tampilan premium serta harga yang terbilang cukup rendah (murah) untuk Smartphone dengan spec lengkap sekelasnya. Spesifikasinya sangat dahsyat untuk smartphone dengan harga yang lebih murah dibanding smartphone merek lainnya, dan bisa digunakan dalam aneka aktivitas sehari-hari. Kita bisa mendapatkannya di gerai Xiaomi terdekat di kota masing-masing.